Minggu, 25 November 2012

ISTILAH DALAM DUNIA ANIMASI


Hallo GUYS...
akhirnya setelah sekian lama vakum nulis di blog, gue update lagi...
kali ini masih tentang animasi.. buat kalian  yang lagi belajar animasi harus tahu nih, istila-istilah yang sering digunakan dalam Animasi, so let's learn it...  

(ps : maaf kalau belum lengkap, dan masih akan terus di update :P ) 

ISTILAH YANG SERING DIGUNAKAN DALAM ANIMASI


Frame Per Second (fps) adalah satuan frame yang sering digunakan dalam pembuatan film. Frame per Second (FPS) juga merupakan unit dasar dari waktu yang dipegang oleh animator dan pembuat film, yang di ukur dari kecepatan rekaman dan proyeksi dari satu frame film atau gambar video dalam tiap detik.

Average time adalah Video effect yang dipakai dalam software penyuntingan sehingga terlihat seperti effect pada matrix (bullet time).


Blank keyframe adalah keyframe yang masih kosong/belum berisi frame .

Frame adalah tempat untuk meletakkan keyframe .

Keyframe adalah gambar yang menandai awal dan akhir dari sebuah rangkaian frame.

Timeline adalah tempat dimana grafik, teks, dan rangkaian media dan animasi diciptakan.

Storyboard adalah alur cerita yang dituangkan dalam susunan gambar sebelum kita membuat film animasi

Layer adalah tempat untuk meletakkan gambar/image yang telah kita buat untuk kemudian diolah susunan waktu (timing)nya.

Durasi adalah panjang waktu dari total pemutaran sebuah film animasi yang dihitung dalam satuan waktu.

Persistent of Vision adalah kecenderungan retina mata manusia untuk menangkap sebuah image dan mempertahankannya selama 3 detik.

Dot per Inch /DPI adalah jumlah titik atau garis yang terdapat dalam satuan ukur gambar atau image, misalnya inchi atau centimeter Pixel adalah satu titik dalam sebuah raster gambar, yang merupakan elemen layar terkecil dari sebuah gambar yang bisa dikontrol

istilah dalam proses coloring:

Move tool adalah alat yang dipergunakan untuk memindahkan/menggeser objek.

Lasso tool adalah alat untuk menyeleksi bagian tertentu dari objek gambar

Stamp tool adalah alat untuk mencontoh pola objek gambar .

Crop tool adalah alat untuk menghilangkan bagian yang tidak diperlukan dalam sebuah image bitmap, dan menyisakan bagian yang diinginkan saja Brush tool adalah alat untuk menggambar, mewarna, dengan fungsi yang sama seperti kuas.



istilah dalam proses compositing :

Dissolve adalah transisi scene yang memberikan kesan lembut, dari beberapa frame, scene yang awal menghilang perlahan-lahan saat scene yang berikutnya mulai tampak dalam layar.

Cut adalah transisi scene secara langsung, tanpa ada satu frame pun antara secene awal dengan scene berikutnya. Cut adalah transisi yang paling sering dipakai dalam pembuatan film karena merupakan transisi yang paling simpel

Wipe adalah transisi scene dimana scene yang akan datang, pada akhirnya menghilangkan scene yang sebelumnya. Wipe bisa dilakukan secara horisontal, vertikal, lingkaran, spiral, dan banyak pola lainnya.

Fade adalah transisi scene yang secara perlahan-lahan menghilang dan membawa audien mengakhiri scene tersebut untuk melangkah pada scene berikutnya yang benar-benar baru 

Ripple adalah transisi scene yang hampir sama dengan transisi dissolve, namun ripple memiliki pola seperti efek riak air

ISTILAH BERBAGAI MACAM ANGLE:

Low Angle adalah sudut pengambilan dari bawah objek untuk memberikan kesan heroik, kuat, dan besar

High Angle adalah sudut pengambilan dari atas untuk memberikan kesan kecil, penakut, dan lemah

Foreshortening adalah distorsi extrim dari sudut pengambilan gambar untuk memberikan kesan exaggeration (melebih-lebihkan)

Bird eye adalah sudut pengambilan gambar dari atas untuk memberikan kesan luas dan biasanya dipakai untuk mengambil gambar panorama atau pemandangan

Fish Eye adalah sudut pengambilan yang memberikan efek cembung, seperti yang terdapat dalam sudut pandang mata ikan


Ultra Wide Shot adalah sudut pengambilan gambar dengan memberikan skala proporsi yang sangat luas tehadap background dibandingkan dengan karakter yang ingin ditampilkan dalam sebuah scene

Wide Shot adalah sudut pengambilan gambar dengan tujuan untuk memberikan kilasan lokasi atau background dalam hubungannya dengan karakter yang inign ditampilkan dalam sebuah scene

Medium Shot adalah sudut pengambilan gambar yang bertujuan untuk memperkenalkan sebagian dari objek yang di bidik Pada umumya setengah bagian dari objek tersebut. (Pada manusia, dari kepala sampai dengan pinggang)


Close Up adalah sudut pengambilan gambar yang bertujuan untuk mengkomunikasikan sesuatu yang spesifik terhadap audien, tanpa adanya distorsi. (Pada manusia, biasanya pengambilan dilakukan dari leher sampai ujung kepala)

Body Close Up adalah sudut pengambilan gambar yang bertujuan untuk memperjelas dan menspesifikkan perhatian audience dengan tujuan tertentu. (biasanya pengambilan dilakukan sebatas torso atau full body)

Extreme Close Up adalah sudut pengambilan gambar yang bertujuan untuk membuat audien memperhatikan aksi atau hal tertentu yang sangat spesifik di dalam sebuah scene. (Pada manusia , biasanya pengambilan dilakukan pada bagian tertentu dari tubuh, misalnya mata saja, hidung saja, jari-jari saja, dll) 


4 komentar:

  1. Good Posting. Lebih detail lagi, ya :)

    BalasHapus
  2. Lagi ngerjain Naskah buat tugas kuliah. Butuh Info tentang Transisi, eh nyasar kesini XD

    BalasHapus

please, gimme your comment about this :D

Minggu, 25 November 2012

ISTILAH DALAM DUNIA ANIMASI


Hallo GUYS...
akhirnya setelah sekian lama vakum nulis di blog, gue update lagi...
kali ini masih tentang animasi.. buat kalian  yang lagi belajar animasi harus tahu nih, istila-istilah yang sering digunakan dalam Animasi, so let's learn it...  

(ps : maaf kalau belum lengkap, dan masih akan terus di update :P ) 

ISTILAH YANG SERING DIGUNAKAN DALAM ANIMASI


Frame Per Second (fps) adalah satuan frame yang sering digunakan dalam pembuatan film. Frame per Second (FPS) juga merupakan unit dasar dari waktu yang dipegang oleh animator dan pembuat film, yang di ukur dari kecepatan rekaman dan proyeksi dari satu frame film atau gambar video dalam tiap detik.

Average time adalah Video effect yang dipakai dalam software penyuntingan sehingga terlihat seperti effect pada matrix (bullet time).


Blank keyframe adalah keyframe yang masih kosong/belum berisi frame .

Frame adalah tempat untuk meletakkan keyframe .

Keyframe adalah gambar yang menandai awal dan akhir dari sebuah rangkaian frame.

Timeline adalah tempat dimana grafik, teks, dan rangkaian media dan animasi diciptakan.

Storyboard adalah alur cerita yang dituangkan dalam susunan gambar sebelum kita membuat film animasi

Layer adalah tempat untuk meletakkan gambar/image yang telah kita buat untuk kemudian diolah susunan waktu (timing)nya.

Durasi adalah panjang waktu dari total pemutaran sebuah film animasi yang dihitung dalam satuan waktu.

Persistent of Vision adalah kecenderungan retina mata manusia untuk menangkap sebuah image dan mempertahankannya selama 3 detik.

Dot per Inch /DPI adalah jumlah titik atau garis yang terdapat dalam satuan ukur gambar atau image, misalnya inchi atau centimeter Pixel adalah satu titik dalam sebuah raster gambar, yang merupakan elemen layar terkecil dari sebuah gambar yang bisa dikontrol

istilah dalam proses coloring:

Move tool adalah alat yang dipergunakan untuk memindahkan/menggeser objek.

Lasso tool adalah alat untuk menyeleksi bagian tertentu dari objek gambar

Stamp tool adalah alat untuk mencontoh pola objek gambar .

Crop tool adalah alat untuk menghilangkan bagian yang tidak diperlukan dalam sebuah image bitmap, dan menyisakan bagian yang diinginkan saja Brush tool adalah alat untuk menggambar, mewarna, dengan fungsi yang sama seperti kuas.



istilah dalam proses compositing :

Dissolve adalah transisi scene yang memberikan kesan lembut, dari beberapa frame, scene yang awal menghilang perlahan-lahan saat scene yang berikutnya mulai tampak dalam layar.

Cut adalah transisi scene secara langsung, tanpa ada satu frame pun antara secene awal dengan scene berikutnya. Cut adalah transisi yang paling sering dipakai dalam pembuatan film karena merupakan transisi yang paling simpel

Wipe adalah transisi scene dimana scene yang akan datang, pada akhirnya menghilangkan scene yang sebelumnya. Wipe bisa dilakukan secara horisontal, vertikal, lingkaran, spiral, dan banyak pola lainnya.

Fade adalah transisi scene yang secara perlahan-lahan menghilang dan membawa audien mengakhiri scene tersebut untuk melangkah pada scene berikutnya yang benar-benar baru 

Ripple adalah transisi scene yang hampir sama dengan transisi dissolve, namun ripple memiliki pola seperti efek riak air

ISTILAH BERBAGAI MACAM ANGLE:

Low Angle adalah sudut pengambilan dari bawah objek untuk memberikan kesan heroik, kuat, dan besar

High Angle adalah sudut pengambilan dari atas untuk memberikan kesan kecil, penakut, dan lemah

Foreshortening adalah distorsi extrim dari sudut pengambilan gambar untuk memberikan kesan exaggeration (melebih-lebihkan)

Bird eye adalah sudut pengambilan gambar dari atas untuk memberikan kesan luas dan biasanya dipakai untuk mengambil gambar panorama atau pemandangan

Fish Eye adalah sudut pengambilan yang memberikan efek cembung, seperti yang terdapat dalam sudut pandang mata ikan


Ultra Wide Shot adalah sudut pengambilan gambar dengan memberikan skala proporsi yang sangat luas tehadap background dibandingkan dengan karakter yang ingin ditampilkan dalam sebuah scene

Wide Shot adalah sudut pengambilan gambar dengan tujuan untuk memberikan kilasan lokasi atau background dalam hubungannya dengan karakter yang inign ditampilkan dalam sebuah scene

Medium Shot adalah sudut pengambilan gambar yang bertujuan untuk memperkenalkan sebagian dari objek yang di bidik Pada umumya setengah bagian dari objek tersebut. (Pada manusia, dari kepala sampai dengan pinggang)


Close Up adalah sudut pengambilan gambar yang bertujuan untuk mengkomunikasikan sesuatu yang spesifik terhadap audien, tanpa adanya distorsi. (Pada manusia, biasanya pengambilan dilakukan dari leher sampai ujung kepala)

Body Close Up adalah sudut pengambilan gambar yang bertujuan untuk memperjelas dan menspesifikkan perhatian audience dengan tujuan tertentu. (biasanya pengambilan dilakukan sebatas torso atau full body)

Extreme Close Up adalah sudut pengambilan gambar yang bertujuan untuk membuat audien memperhatikan aksi atau hal tertentu yang sangat spesifik di dalam sebuah scene. (Pada manusia , biasanya pengambilan dilakukan pada bagian tertentu dari tubuh, misalnya mata saja, hidung saja, jari-jari saja, dll) 


4 komentar:

  1. Good Posting. Lebih detail lagi, ya :)

    BalasHapus
  2. Lagi ngerjain Naskah buat tugas kuliah. Butuh Info tentang Transisi, eh nyasar kesini XD

    BalasHapus

please, gimme your comment about this :D